Tuesday, August 25, 2009

Makalah Sumbu Pendek dan Trik Memajang Foto di Facebook


Email kepada Sadrah/Portal PasarSolo, Minggu, 23 Agustus 2009


Salam sejahtera,

Bersama ini aku kirimkan makalah yang aku sampaikan di LSM Commitment, 19 Agt 2009 yang lalu [Sumbu Pendek, Ekor Panjang dan Benturan Peradaban]. Mohon bisa dipajang di blogku, di portal blog PasarSolo ini. Semoga virusnya makin berbiak di pasar ini.Terima kasih untuk bantuanmu.


Oh ya, ngobrolin tentang foto-foto postinganmu di Facebook dll, kalau boleh aku usul/sarankan : ingatlah dan perhatikanlah [dari kacamata] PEMBACAmu, para penonton foto-fotomu itu. Mereka itu tidak melihat dan tidak mengalami apa yang terjadi terkait dengan foto-fotomu itu.

Agar bisa merangkul atensi mereka, usahakan bagaimana foto-foto itu dapat mereka fahami. Kalau tidak bisa secara visual, harap bisa dibantu dengan teks.

Kalau kau sajikan foto dari kacamata dirimu sendiri, yang mengalami peristiwa bersangkutan, yang dari perasaan sampai panca indramu telah “menyatu” dengan pengalaman saat itu, penonton fotomu tak kebagian apa-apa.

Oleh karena itu, seharusnya ditambahi bingkai cerita, info/ teks 5W+1H tentang peristiwa dalam foto-fotomu tersebut. Facebook dan blog itu mendunia lho, bukan hanya khusus ditonton oleh teman-teman sekampung kita.

Moga usul-usil ini bermanfaat.
Wassalam.

Bambang Haryanto

beha

No comments:

Post a Comment