Monday, August 10, 2009

Aplus Untuk Austin Heap dan Reformis Iran


Komentar Bambang Haryanto di blognya Austin Heap, 7 Agustus 2009


Catatan Bambang Haryanto : Pemilihan umum presiden di Iran yang menyatakan inkumben Mahmoud Ahmadinejad sebagai pemenang memicu gejolak demo besar-besaran. Opini umum menyatakan bahwa pemilu itu diwarnai kecurangan berat dan pemimpin oposisi Mir Hussein Mousavi seharusnya yang tampil sebagai pemenangnya.

Demo kaum reformis itu menyebabkan sedikitnya 30 warga Iran tewas dalam bentrok melawan polisi. Ratusan lainnya masuk penjara dan diadili. Kaum reformis Iran segera memindahkan aksi demonya di Internet, memanfaatkan situs media sosial seperti YouTube, Facebook dan Twitter, untuk melampiaskan amarah dan untuk mengorganisasikan gerakan demo selanjutnya. Ikhtiar kaum reformis Iran ini segera dibalas pemerintah, dengan memblok akses Internet tersebut.

Perjuangan warga Iran itu segera didengar oleh dunia. Termasuk oleh komunitas teknologi informasi yang segera mengerahkan daya pikir untuk membantu warga Iran dalam menerobos blokade dan filter yang dipasang pemerintah Iran.

Radio BBC dalam siarannya tanggal 7 Agustus 2009, mewartakan ikhtiar anak muda asal San Francisco, Austin Heap (25 tahun) dan Daniel Colascione (24) asal Buffalo, New York, merancang peranti lunak anti filter yang mereka namakan sebagai Haystack.

Ikhtiar kedua anak muda tersebut segera mendongkraknya menjadi pahlawan perjuangan bangsa Iran. Dalam foto nampak Austin Heap berpidato dalam rally solidaritas untuk rakyat Iran di San Francisco, yang suaranya melalui BBC hingga menembus hati saya di Wonogiri.

Terpicu ikhtiar kedua anak muda tersebut yang sejalan dengan nilai-nilai perjuangan warga Epistoholik Indonesia, segera saja berita di BBC Siaran Indonesia itu mendorong saya keesokan hari untuk ikut menulis komentar singkat di situsnya Austin Heap tersebut. Isi selengkapnya :

Thanks, Austin. Your voice via BBC last night inspired us, and we believe that Internet are great vehicle for good people. Like you.

by: bambang haryanto (indonesia), Aug 6th at 10:09 pm


Sebelumnya, di antara ratusan komentar dalam blognya Austin Heap itu, nampak belum ada komentar yang merujuk sesuatu artikel tentang perjuangannya. Sungguh mengejutkan, sesudah komentar saya itu muncul tiba-tiba disusul dengan komentar yang menarik. Isi selengkapnya :

Fantastic work and very worthy indeed. Article on BBC about your work. We people of the world salute you and Daniel Colascione.



beha

No comments:

Post a Comment